Sakit Kepala Gula Darah Rendah

Ketika kita berpikir tentang efek buruk gula, kita biasanya memikirkan pinggang atau rongga kita yang membesar. Namun, kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan sakit kepala. Tahukah Anda bahwa memiliki gula darah yang buruk dapat menyebabkan sakit kepala? Memperhatikan sakit kepala ini dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan terhadap komplikasi yang mengancam jiwa ini. Tetapi ketika datang untuk mengidentifikasi tanda-tanda dan gejala sakit kepala gula darah rendah, tidak semua orang tahu apa yang harus dicari.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang diabetes dan sakit kepala karena gula darah rendah.

APA SAJA PENYEBAB DIABETES?
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association (ADA), sekitar 30 juta orang menderita diabetes. Anda mungkin bertanya-tanya, “Apa itu diabetes?” Diabetes adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur gula darah (glukosa) melalui hormon yang dikenal sebagai insulin. Seiring berjalannya waktu, diabetes dapat menyebabkan komplikasi parah seperti gagal ginjal dan penyakit jantung.

Ada beberapa variasi diabetes dengan yang paling umum adalah tipe 1 dan tipe 2. Meskipun ada banyak teori dan saran, tidak ada penyebab pasti diabetes. Namun, banyak dokter berpendapat bahwa faktor genetika dan lingkungan berperan dalam perkembangan diabetes.

TIPE 1 DIABETES
Diabetes tipe 1 inilah yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin. Karena ini, Anda akan dibiarkan sangat sedikit tanpa insulin dan gula yang masuk ke sel akhirnya masuk ke aliran darah Anda.

DIABETES TIPE 2
Diabetes tipe 2 sedikit berbeda dari tipe 1. Alih-alih sistem kekebalan tubuh Anda menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin, mereka menjadi resisten terhadapnya. Akibatnya, pankreas Anda menjadi tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk melawan resistensi. Dan mirip dengan tipe 1, semua gula diarahkan ke aliran darah Anda daripada sel.

DIABET DAN GULA DARAH RENDAH
Sekarang setelah Anda tahu apa itu diabetes, mari kita bahas lebih lanjut tentang bagaimana itu berkorelasi dengan sakit kepala. Untuk memulai, tidak semua orang yang menderita diabetes akan mengalami sakit kepala. Namun, orang yang baru-baru ini didiagnosis menderita diabetes mungkin mengalami sakit kepala karena mereka menemukan cara untuk mengelola kadar gula darah mereka. Bagi orang lain, sakit kepala dapat terjadi karena perubahan gula darah mereka.

Dalam konteks diabetes, sakit kepala mungkin merupakan indikasi bahwa kadar glukosa terlalu tinggi. Semakin tinggi kadar glukosa seseorang, semakin besar kemungkinan mereka akan mengalami sakit kepala. Di sisi lain, sakit kepala juga dapat terjadi ketika kadar gula darah seseorang terlalu rendah. Ini dikenal sebagai hipoglikemia.

MEMAHAMI HYPOGLYCEMIA
Mengetahui apa itu hipoglikemia dan bagaimana hal itu menyebabkan sakit kepala gula darah rendah adalah langkah pertama untuk mencegahnya. Dokter percaya bahwa hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah seseorang lebih rendah dari 70 miligram per desiliter. Ini adalah kondisi yang sangat parah karena glukosa adalah sumber utama bahan bakar untuk sebagian besar sel dalam tubuh, termasuk yang ada di otak.

Adapun gejalanya, mereka cenderung terjadi tiba-tiba dan lebih mudah dikenali daripada gejala hiperglikemik.